Hukum Bertanya Ke Tukang Ramal dan Dukun

Akhir tahun biasanya media di penuhi dengan Dukun dan Tukang ramal yang dengan bangganya seakan akan mempunyai kemampuan melihat apa yang akan terjadi di tahun berikutnya. Bodohnya acara ini menjadi acara wajib di media terutama TV, padahal acara berita. Berita seharusnya menyampaikan fakta, bukan menyampaikan berita dusta dari Tukang ramal. Padahal kalau kita mau jujur, para tukang ramal dan dukun ini sendiri tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada dirinya besok. 

Dalil tentang Perkara Ghaib
Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita baca langsung dari Al-Quran dan Hadist.


إِنَّ اللَّهَ عِندَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ - 31:34

Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari Kiamat; dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal. (QS  Luqman:34)



فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلَىٰ مَوْتِهِ إِلَّا دَابَّةُ الْأَرْضِ تَأْكُلُ مِنسَأَتَهُ ۖ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَن لَّوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ - 34:14

Maka ketika Kami telah menetapkan kematian atasnya (Sulaiman), tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka ketika dia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentu mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.(QS Saba:14)

Para Dukun dan tukang ramal meminta bantuan jin untuk mendapatkan berita dari langit,namun para jin sendiri tidak tahu perkara yang ghaib, bahkan dalam surat diatas ,Jin baru tahu  Nabi Sulaiman telah meninggal setelah rayap menggerogoti tongkat nabi sulaiman.

قُل لَّا يَعْلَمُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ ۚ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ - 27:65

Katakanlah (Muhammad), “Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan.” (QS:An Naml :65)

Dan Hadist Rosulullah 


 مَنْ أَتَى كَاهِنًا، أَوْ عَرَّافًا، فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ، فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

"Siapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkan apa yang dikatakannya, maka sungguh ia telah kufur kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad." (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan. Hadits ini dishahihkan Syikah al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 3047 dan al-Irwa')


مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَىْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

"Siapa yang mendatangi tukang ramal (dukun) dan bertanya kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh malam." (HR. Muslim)

Apa hukumnya perkiraan cuaca atau yang sejenis? 

 Prediksi Ilmiah Seperti perkiraan cuaca  menggunakan dasar ilmu pengetahuan, data yang diolah dan prediksi statistik yang bisa dipertanggungjawabkan. Misal Prediksi apakah hari ini turun hujan, maka hal ini tidak mengapa karena Perkiraan cuaca itu memperhitungkan suhu dan pergerakan awan sehingga bisa memperkirakan kapan dan dimana terjadi hujan. Itulah kenapa disebut perkiraan cuaca, BMG pun tidak pernah menyatakan dengan pasti karena kepastian itu hanya milik Allah kapandan dimana hujan akan turun seperti di jelaskan dalam dalil pertama daitas. Begitu juga dengan prediksi science lainnya.  Wallahualam.

Kesimpulan

  1. Yang tahu perkara ghaib hanya Allah.
  2. Jin tidak tahu perkara yang Ghaib, Apalagi para dukun dan tukang ramal (Baca Q:S Saba 14). 
  3. Orang yang mendatangi tukang ramal berarti telah Kufur ( Ingkar)  kepada Nabi Muhammad. 
  4. Mempercayai tukang ramal termasuk Syirik. 
  5. Mendatangi dukun dan tukang ramal dan membenarkan ucapan tukang ramal maka amalan sholatnya tidak diterima selama 40 hari. 
  6. Perkiraan cuaca atau perkiraan berdasarkan science tidak dilarang oleh agama karena berdasarkan ilmu pengetahuan. 
Maka sudah saatnya kita dan anak anak kita termasuk yang remaja untuk meninggalkan segala bentuk ramalan sodiak ataupun acara ramalan ralaman akhir tahun yang sering muncul di TV. Sudah saatnya kita membentengi keluarga kita dengan Aqidah yang benar, bahwa Perkara yang Ghaib hanya Allah yang tahu, dan para tukang ramal itu adalah pendusta dan wajib kita ingkari dan jauhi agar kita bisa selamat dunia akhirat. 

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ

"Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan kami memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui." 

Wallahualam. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah wahabi sesat?

10 ciri aliran sesat dan penjelasannya

Kupas Tuntas Syirik Besar